Selasa, 29 Juni 2010

PENELUSURAN SURAT AL FATIHAH

1. Dimanakah kamu berada ?

" Dengan seiring nama Alloh yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang "
~ Kita berada di dalam kasih sayang Alloh
Bukti nyatanya yaitu bahwa yang pertama kali kita rasakan setelah kita lahir yaitu kasih sayang orang tua. Dan itu kasih sayang dari Allloh. Sungguh tidak ada yang kita terima di alam ini melainkan atas pertolongan Alloh dan Alloh amat murah dalam pemberiannya itu...buktinya lihatlah dengan pertolongan Alloh berupa matahari/penerangannya itu. Bukankah dengan penerangan itu semua pertolongan Alloh dapat kita lihat...dan kita bisa mengambilnya untuk keuntungan dan kebaikan kita. Kita diberi mata bisa melihat...ya benar...ini contoh bukti atas pertolongan dan kasih sayang-Nya atas kita.
Bukti nyata murahnya atas pertolongan Alloh adalah apa-apanya kita tidak perlu mencari karena semua telah tersedia dan dengan pertolongan-Nya/penerangan-Nya itulah yang menunjukan atas pemberian-pemberian-Nya itu, bukankah matahari itu meberikan kemanfaatan ?

2. Akan kemanakah kamu ?

" Segala puja dan puji hanya untuk Engkau ya Alloh Tuhan semesta alam "
~ Sesungguhnya kita akan pergi ke arah yang terpuji...yang baik-baik dan hal itu hanya ada dua yaitu sorga dan neraka, manakah yang terpuji ? Tentu sorga. Lantas dimanakah terpujinya Alloh ? Yaitu bahwasanya atas apa yang diberikan Alloh kita tidak bisa/mampu menciptakannya.

3. Apa yang kamu buru ?

" Yang Maha Pengasih lagi Maha penyayang "
~ Dan tidak ada yang kita buru melainkan kasih sayang-Nya. Berada dimana ? di dalam ayat-ayat-Nya.
Ingatlah bahwa kasih sayang Alloh adalah pertolongan-Nya. Tidaklah Alloh mengeluarkan matahari/penerangan-Nya itu yaitu untuk menunjukan pemberian-Nya..., tuh rezeki...tuh kebaikan...tinggal ambil kan ?
Jadi pertolongan Alloh ada di dalam penerangan Al Quran.
Ingat...bahwasanya Alloh telah menciptakan untuk kita 2 mata penerangan yang serupa yaitu matahari untuk penerangan kita di dunia dan Al Qur'an untuk penerangan kita di akherat.

4. Untuk apa kamu memburunya ?

" Yang menguasai hari pembalasan "
" Yang berkuasa setiap hari memberikan balasan "
~ Sungguh dengan mengerjakan suatu pekerjaan bahwasanya kita akan mendapatkan balasan...dan tidak kita kerja melainkan kita mengharapkan upahnya...ada perintah ada upah...dan itu dua yang serupa baik untuk dunianya dan begitu pula untuk kita di akherat nanti.

5. Siapa yang kamu buru ?

" Hanya kepada-Mulah aku mengabdi/menyembah dan hanya kepada-Mulah aku mohon pertolongan "
~ Yang kita jadikan sebagai tempat buruan kita sungguh hanyalah Alloh yang menjanjikan pertolongan. Maka sembahlah Alloh yang menciptakan kamu dan orang2 sebelum kamu...(Al Baqoroh 21).
Tidak kita menyembah melainkan minta pertolongan lalu kita akan tahu sesuatu yaitu "sorga". Bukankah kita tahunya dari yang memberi/menjanjikan yaitu Alloh. Maka sembahlah yang menciptakan yaitu Alloh jangan kita menyembah yang diciptakan Alloh...(Al Baqoroh 21-22)

6. Kemanakah kamu memburunya ?

" Tunjukilah aku jalan yang lurus "
~ Ke jalan yang luruslah kita memburunya yaitu ke arah petunjuk Alloh(ayat-ayat-Nya) yang biasa kita ucapkan.
Maka ikutilah ucapann kita jangan mengingkarinya. Jalan yang lurus yaitu jalan yang diterangi maka jika gelap yang ada hanyalah kedustaan dan menduga-duga.

7. Bersama siapa kamu memburunya ?

" Yaitu sebagaimana jalannya orang-orang yang telah Engkau beri nikmat atas mereka bukan jalannya orang-orang yang Engkau murkai dan tersesat "
~ Tidak kita memburunya melainkan bersama-sama kafilah Nabi karena kafilah Nabi adalah orang-orang yang telah mendapat petunjuk dari Nabi Adam as sampai Nabi Muhammad saw bukan jalannya orang yang dimurkai dan tersesat.