Kamis, 03 Juni 2010

teman tapi setan

Punya temen tuh asik, Bro. Gue juga ngerasain bedanya antara banyak temen dan sedikit temen. Apalagi gue ngerasa jadi kayak jaga kuburan kalo hidup sendiri. Sumpah (tapi nggak dirangkai dengan kata pocong!), gue hidup berasa lebih hidup kalo punya teman. Gue nggak manyun melulu kayak bemo lagi nunggu penumpang (yee. bemo mah dari lahir emang udah manyun bin monyong, Nek!). Elo pasti pernah ngerasain hidup sendiri tanpa teman. Misalnya aja, elo baru masuk ke sekolah baru, atau ikut ortu yang pindah rumah ke lingkungan baru, atau ke tempat kerja baru. Pastinya, meski tuh banyak orang tapi kan perlu adaptasi untuk bisa jadi teman. Iya nggak sih? Makanya, asik banget kalo punya teman, apalagi bisa dijadiin sahabat akrab. Udah kebayang kan gimana enaknya? Senang banget kan?

Bro, nah gue selama ini berpikir bahwa punya banyak teman bakalan asik-asik aja. Ternyata? Hehehe… gue kudu sedikit ngeralat nih. Soalnya, ternyata dari sekian banyak teman, suka ada aja yang bikin rese dan malah sering bikin malu dan membahayakan kita. Baik secara kehormatan maupun fisik. Iya, elo pernah nggak punya teman, tapi tuh orang sering nyatut nama kita untuk urusan tertentu dengan pihak ketiga?

Coba, gimana gondoknya kalo sampe pihak ketiga jadi jelek nilai diri kita gara-gara teman kita “ngejual” nama kita ke teman kita yang lain untuk kepentingan sesaat pribadinya. Elo marah nggak? Kalo gue sih ubun-ubun udah pasti ngebul deh. Udah pengen ngunyah aja rasanya (hehehe.. emangnya temen gue kue atau lontong?). Iya, saking gemesnya. Tapi nggak sesadis gitu sih gue mah. Palingan gue ajak ngobrol di sebuah kafe sambil gue todong supaya ngaku dan nggak ngelakuin lagi perbuatan buruknya, plus ngabayarin makan di kafe tersebut (kok gue jadi ikutan rese ya? Hehehe.. nggak kok. Gue jamin, urusan ama gue sih asik-asik asal jelas aturan mainnya).

Gue nulis di buku harian gue soal persahabatan dan pertemanan supaya bisa gue kenang kembali suatu saat nanti (ciee. gue jadi melow gini ya? Sori gue bukan lagi kesambet ngedadak melow gini. Asli, ini cuma curahan hati aja-hiks..hiks…). Pernah denger kan gara-gara urusan cewek, sebuah pertemanan berakhir di pemakaman? Hehehe.. ada berita di koran tentang pertemanan dua orang remaja cowok kudu berakhir di kuburan dan kantor polisi gara-gara urusan cewek. Elo tahu kan maksudnya? Yup, tuh dua bocah nggak bisa kelarin masalah secara baik-baik karena udah kebelet pengen saling timpuk. Jadinya, yang satu masuk liang kubur, yang satu lagi masuk bui. Tragis banget kan?

Ada juga lho kondisi yang perlu ekstra waspada. Soalnya, ada juga teman yang keliatannya baik sama kita. Nggak garang, nggak pasang tampang Romusa (Roman Muka Sapi, eh, maksudnya Sadis). Tapi… Tapi apa? Ya, tapi doi malah ngejerumusin kita untuk masuk dunia maksiat. Urusannya nggak jauh ama narkoba dan seks bebas. Aduh, temen kita yang kayak gitu jelas bikin rese karena udah berusaha ngerusak kepribadin kita.

Tampang sih klimis (bukan kliatan miskin ya!), tapi omongannya racun! Bukannya ngajak ke pengajian, tapi malah ngajak nongkrong di pos ronda sambil nyekek botol miras. Ya, itu sih namanya teman yang romantis (roman manis hati iblis! Maksain banget nggak sih gue pake istilah ini?). Hehehe roman alias muka sih manis, tapi hatinya iblis! Guaaaadebraaaak! (ini menunjukkan saking beratnya benda yang jatuh, Bro-kaget disebut romantis). So, emang akhirnya kudu selektif juga pilih teman ye. Nggak sembarangan gitu. Bukan maksud kita sombong en diskriminasi, soalnya kalo salah pilih yang dipertaruhkan bukan masa depan di dunia aja, tapi juga di akhirat. Iya nggak sih?

Coba deh elo pikirin dari sekarang. Kalo pilih teman yang salah, maka pergaulan kita bakalan ancur-ancuran. Apalagi kalo kita tipenya bukan leader, tapi follower yang lebih banyak ngikut aja, nggak punya prinsip. Pastinya kita kebawa nggak bener deh. Bukan tak mungkin kan kalo temen kita ternyata akhlaknya buruk, kita jadi kebawa ikutan buruk kalo nggak punya prinsip. Ini udah banyak banget terbukti. Gue juga punya beberapa kasus tentang remaja yang tadinya baik-baik, tapi karena salah pilih teman gaul, lama-lama jadi ngikut kepribadian temannya yang akhlaknya buruk. Ah, kasihan banget kan?

elo semoa mo tau gmn islam memandang Teman tapi setan ini...??
tunggun aja ya kisah berikutnga...tettunya tetap bersama bintang ^_^

Tidak ada komentar: